Pengenalan Game
Permainan Magic Maze Game ini merupakan permainan dari hasil pengembangan project game Labyrinth yang ada di dalam aplikasi strawberry prolog. Aplikasi strawberry prolog adalah sebuah bahasa pemrograman yang dirancang oleh Alain Colmenraurer dan P. Roussel di Universitas Marseilles Prancis pada tahun 1972, PROLOG merupakan sebuah singkatan dari Programing in Logic (dalam bahasa Pranci programmation en logique), di Eropa sana, bahasa pemrograman ini populer digunakan untuk membuat sebuah aplikasi atau game berbasiskan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan.
Dalam pembuatan game ini saya menggunakan aplikasi strawberry prolog yang dirancang sedemikian rupa, yang dalam pembuatan object atau tingkah laku suatu benda dihasilkan dari perintah – perintah yang mudah untuk mengimplementasikan AI (Arthifical Inteligence) dari game ini.
AI (Arthifical Inteligence didalam permainan ini menggambarkan adanya pergerakan suatu objek yang digerakkannya oleh komputer, bukan oleh user. Didalam permainan ini tedapat objek AI dimana objek ini dapat bergerak dan pergerakannya dijalankan oleh komputer, objek AI bergerak didalam sebuah labirin dengan mencari jalan terbaik untuk menemukan solusi. Jenis algoritma pada pergerakan AI ini dipilih algoritma backtracking dengan skema pencarian solusi DFS (Depth First Search) yang mencari jalan terbaik dalam sebuah labirin ke solusi yang di tuju.
Pada game magic maze game ini, solusi yang ingin dituju pada AI bukan untuk keluar dari labirin, tetapi menemui sebuah posisi yang sama dengan posisi user, atau bisa dibilang menemukan objek user agar mencapai suatu kemenangan.
Objek user sendiri saya buat dengan sistem pergerakan objek user dapat digerakan oleh pemain dengan arah sesuai dengan yang diinginkan pemain, dan menggerakkan arah objek dengan tombol arah yang ada pada keyboard komputer (PC) pemain. Solusi yang ingin di raih objek user pun sama dengan solusi yang ingin di raih AI, yaitu mencari posisi AI dan memenangkan permainan. Jadi dapat disimpulkan kemenangan permainan ini diperoleh pada saat posisi user = posisi AI.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar