APLIKASI SCRATCH
Program scratch merupakan bahasa
pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif,
animasi, dan game. Scratch adalah sebuah peranti lunak yang dikembangkan
di Amerika Serikat oleh MIT’s (Massachusetts Institute of Technology)
Media Lab. Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar,
suara, bahkan video tanpa menulis kode program. Sebaliknya, Scratch menampilkan
antar muka (user interface) yang sangat sederhana dan mudah dipergunakan.
Membuat program dengan Scratch adalah semudah
anak-anak menyusun balok-balok mainan-semacam Lego-untuk membangun rumah mainan
atau mobil-mobilan. Scratch menyediakan balok-balok yang bisa disusun
dengan mudah, lalu diberi perintah seperti: berjalan, tidur, main seruling, dan
semacamnya.
Karena kemudahannya itu, Scratch memang
ditujukan untuk anak-anak. Jadi bila selama ini anak-anak anda hanya bermain
game dengan komputer, mereka kini bisa membuat game sendiri. Sangat baik untuk
menyalurkan kreatifitas anak dan bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk
belajar sekaligus bermain (edutainment).
Anak-anak pada umumnya sangat menyukai
interaksi dengan obyek secara aktif, tidak heran mereka cepat menyukai game di
komputer. Banyak ketertarikan anak pada komputer dimulai dengan memainkan game.
Sayangnya masih banyak orang tua atau pendidik yang belum mengarahkan
ketertarikan ini menjadi sarana pembelajaran. Saat ini lebih banyak anak-anak
menggunakan game hanya untuk menghabiskan waktu saja. Lebih parah lagi, banyak
anak-anak yang memainkan game yang belum sepantasnya untuk usia mereka.
Bukan berarti semua game itu buruk, sehingga
daripada melarang total anak-anak, sebetulnya game dapat digunakan untuk
memperkenalkan anak-anak ke dunia pemrograman, dengan kata lain anak-anak
diajari teknik pemrograman dengan cara membuat game. Scratch http://scratch.mit.edu karya MIT.
Platform ini dikembangkan agar pengguna mudah mengembangkan cerita interaktif,
animasi, permainan, musik dan multimedia dan aplikasi interaktif lain
sebagainya. Scratch didisain untuk dapat digunakan pengguna dari yang berusia 8
tahun. Anak-anak dapat memanfaatkan Scratch untuk mempelajari konsep matematika
dan komputasi serta berfikir kreatif dan sistematis serta bekerja secara
kolaboratif.
CARA MEMBUAT
PROJECT DI SCRATCH
Instalasi
Scratch
Installer Scratch bisa diunduh di alamat http://sratch.mit.edu/download. Installer bisa terdapat dalam format .exe
(Windows), .deb (keluarga Linux Debian), .rpm (keluarga Linux RedHat). Setelah
selesai mengunduh, buka file ScratchInstaller1.4.exe. Maka akan tampil sebuah kotak
dialog yang akan memulai instalasi Scratch.
Pilih tombol Next, maka kita harus memilih
tempat folder dimana Scratch diinstal. Secara default, program ini akan
diinstal di C:\Program Files\Scratch. Kita bisa menggantinya dengan folder lain
sesuai dengan keinginan.
Kemudian pilih nama untuk folder pada Start
Menu. Jika tidak ingin mengubahnya, tidak perlu menggantinya lalu klik Install.
Kemudian akan tampil proses instalasi dan
tunggu beberapa saat.
Setelah proses ini selesai dengan sukses, maka
akan tampil sebuah display, pilih Next dan rangkaian proses
instalasi telah benar-benar selesai dan Scratch sudah bisa langsung dicoba.
Scratch bisa diakses dari Desktop dengan
dobel klik pada icon Scratch. Bisa juga dibuka dari All Programs > Scratch
> Sracth.
Atau ketikkan “Scratch” pada kotak Search di
atas Start bar
Mencoba Membuat
Project Di Scratch
Setelah proses instalasi selesai, kita bisa
langsung memulai mencoba pemrograman Scratch. Agar mendapatkan gambaran
bagaimana pemrograman Scratch, kita bisa mencoba contoh-contoh project bawaan
yang ada pada Scratch.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Pilih menu
File > Open, maka akan tampak kotak dialog seperti di bawah ini kemudian
pilih menu Examples di panel sebelah kiri.
Selanjutnya, pilih folder Animation >
Aquarium. Maka, akan tampil project animasi akuarium. Untuk menjalankan
animasinya, klik tombol dengan icon bendera hijau di pojok kanan atas.
Sedangkan untuk menghentikan animasi, tekan
tombol lingkaran berwarna merah di samping bendera hijau.
Di folder Example, terdapat banyak pilihan
contoh project. Contohnya antara lain: Animation, Games, Greetings, Interactive
Art, Music and Dance, Names, Sensors and Motors, Simulations, Speak Up, dan Stories.
Pada masing-masing kategori ini juga terdapat contoh-contoh project. Anda bisa
mencobanya satu per satu untuk melihat untuk apa saja yang bisa dilakukan
dengan pemrograman Scratch ini.
Link : http://scratch.mit.edu/projects/17088954/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar