Minggu, 26 Januari 2014

Mengenai Scratch & Membuat Project Games Scratch

APLIKASI  SCRATCH
Program scratch merupakan bahasa pemprograman baru yang membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi, dan game. Scratch adalah sebuah peranti lunak yang dikembangkan di Amerika Serikat oleh MIT’s (Massachusetts Institute of Technology) Media Lab. Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar, suara, bahkan video tanpa menulis kode program. Sebaliknya, Scratch menampilkan antar muka (user interface) yang sangat sederhana dan mudah dipergunakan.

Membuat program dengan Scratch adalah semudah anak-anak menyusun balok-balok mainan-semacam Lego-untuk membangun rumah mainan atau mobil-mobilan. Scratch menyediakan balok-balok yang bisa disusun dengan mudah, lalu diberi perintah seperti: berjalan, tidur, main seruling, dan semacamnya.

Karena kemudahannya itu, Scratch memang ditujukan untuk anak-anak. Jadi bila selama ini anak-anak anda hanya bermain game dengan komputer, mereka kini bisa membuat game sendiri. Sangat baik untuk menyalurkan kreatifitas anak dan bisa memberikan kesempatan pada mereka untuk belajar sekaligus bermain (edutainment).

Anak-anak pada umumnya sangat menyukai interaksi dengan obyek secara aktif, tidak heran mereka cepat menyukai game di komputer. Banyak ketertarikan anak pada komputer dimulai dengan memainkan game. Sayangnya masih banyak orang tua atau pendidik yang belum mengarahkan ketertarikan ini menjadi sarana pembelajaran. Saat ini lebih banyak anak-anak menggunakan game hanya untuk menghabiskan waktu saja. Lebih parah lagi, banyak anak-anak yang memainkan game yang belum sepantasnya untuk usia mereka.

Bukan berarti semua game itu buruk, sehingga daripada melarang total anak-anak, sebetulnya game dapat digunakan untuk memperkenalkan anak-anak ke dunia pemrograman, dengan kata lain anak-anak diajari teknik pemrograman dengan cara membuat game. Scratch http://scratch.mit.edu karya MIT. Platform ini dikembangkan agar pengguna mudah mengembangkan cerita interaktif, animasi, permainan, musik dan multimedia dan aplikasi interaktif lain sebagainya. Scratch didisain untuk dapat digunakan pengguna dari yang berusia 8 tahun. Anak-anak dapat memanfaatkan Scratch untuk mempelajari konsep matematika dan komputasi serta berfikir kreatif dan sistematis serta bekerja secara kolaboratif.

CARA MEMBUAT PROJECT DI SCRATCH
Instalasi Scratch

Installer Scratch bisa diunduh di alamat http://sratch.mit.edu/download. Installer bisa terdapat dalam format .exe (Windows), .deb (keluarga Linux Debian), .rpm (keluarga Linux RedHat). Setelah selesai mengunduh, buka file ScratchInstaller1.4.exe. Maka akan tampil sebuah kotak dialog yang akan memulai instalasi Scratch.

Pilih tombol Next, maka kita harus memilih tempat folder dimana Scratch diinstal. Secara default, program ini akan diinstal di C:\Program Files\Scratch. Kita bisa menggantinya dengan folder lain sesuai dengan keinginan.

Kemudian pilih nama untuk folder pada Start Menu. Jika tidak ingin mengubahnya, tidak perlu menggantinya lalu klik Install.

Kemudian akan tampil proses instalasi dan tunggu beberapa saat.

Setelah proses ini selesai dengan sukses, maka akan tampil sebuah display, pilih Next dan rangkaian proses instalasi telah benar-benar selesai dan Scratch sudah bisa langsung dicoba.

Scratch bisa diakses dari Desktop dengan dobel klik pada icon Scratch. Bisa juga dibuka dari All Programs > Scratch > Sracth.
Atau ketikkan “Scratch” pada kotak Search di atas Start bar

Mencoba Membuat Project Di Scratch

Setelah proses instalasi selesai, kita bisa langsung memulai mencoba pemrograman Scratch. Agar mendapatkan gambaran bagaimana pemrograman Scratch, kita bisa mencoba contoh-contoh project bawaan yang ada pada Scratch. 
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
Pilih menu File > Open, maka akan tampak kotak dialog seperti di bawah ini kemudian pilih menu Examples di panel sebelah kiri.

Selanjutnya, pilih folder Animation > Aquarium. Maka, akan tampil project animasi akuarium. Untuk menjalankan animasinya, klik tombol dengan icon bendera hijau di pojok kanan atas.
Sedangkan untuk menghentikan animasi, tekan tombol lingkaran berwarna merah di samping bendera hijau.

Di folder Example, terdapat banyak pilihan contoh project. Contohnya antara lain: Animation, Games, Greetings, Interactive Art, Music and Dance, Names, Sensors and Motors, Simulations, Speak Up, dan Stories. Pada masing-masing kategori ini juga terdapat contoh-contoh project. Anda bisa mencobanya satu per satu untuk melihat untuk apa saja yang bisa dilakukan dengan pemrograman Scratch ini.

APLIKASI GAMES DENGAN SCRATCH YANG SAYA BUAT
Link  :  http://scratch.mit.edu/projects/17088954/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar