Dalam membuat sebuah design, pemilihan hal –
hal seperti shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna menjadi
sangat penting untuk menghasilkan sebuah rancangan yang menggambarkan tujuan
seseorang membuat sebuah design. Pemilihan warna merupakan salah satu pemilihan
penting dan sebagai dasar dalam membuat sebuah design.
Warna-warna memiliki peran dalam
menciptakan suasana seseorang, pemerkuat image jati diri, serta peningkatan karakter
seseorang. Dalam feng shui, warna adalah getaran. Getaran itu selalu kita
respon, secara sadar maupun tidak. Warna memengaruhi kenyamanan lingkungan dan
mood. Warna yang kita kenakan sehari-hari memengaruhi pandangan orang lain
terhadap kita.
Coba perhatikan misal hampir semua bisnis makanan
seperti KFC, MC Donald, Pizza hut, boleh dikata semuanya menggunakan warna
merah. Mengapa demikian? Konon, warna merah itu menambah nafsu makan. Sehingga
para pebisnis banyak menggunakan warna merah dalam bisnis makanan. Seperti
halnya mungkin ketika kita memilih warna busana, kekuatan warna bisa
mempengaruhi sisi emosional kita.
Dasar ini juga dapat digunakan dalam membuat
sebuah design kenegaraan. Pemilihan warna yang sesuai dalam menciptakan sebuah
logo, warna bendera maupun simbol negara menjadikan sebuah gambaran akan image
jati diri dan karakter sebuah negara. Untuk itu pemilihan warna sangat penting
dipehatikan dipilih secara hati – hati agar pencerminan terhadap wujud sebuah
negara tidak salah. Berikut ini terdapat beberapa jenis warna dan makna dari
pemilihan warna tersebut.
v Kuning
Respon Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi,
Ketidak jujuran, pengkhianatan, pencerahan dan intelektualitas. Kuning adalah
warna keramat dalam agama Hindu. Kuning adalah warna yang hangat. Cukup menarik
perhatian dan sangat baik jika dijadikan background untuk teks hitam
karena akan lebih mencolok terlihat.
Warna kuning digambarkan sebagai arti pengecut
(untuk budaya Barat)
v Oranye
Respon Psikologi: Energy, Keseimbangan,
Kehangantan. Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.
v Merah
Respon Psikologi: Power, energi, kehangatan,
cinta, nafsu, agresi, bahaya, berpendirian, dinamis, dan percaya diri. Warna
Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Bisa berarti
berani dan semangat yang berkobar-kobar. Singkatnya secara umum berhubungan
dengan perasaan yang meledak-ledak. Warna merah mudah menarik perhatian dan
meningkatkan nafsu. Dalam pengaplikasian
pada teks, warna merah pasti akan lebih menarik perhatian dibanding warna lain.
Namun jika untuk background dengan teks hitam, akan membuat mata
cepat lelah.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan
menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai
arti ‘bahagia’ di budaya Oriental.
v Biru
Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif,
Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan, Damai, menyejukkan,
spiritualitas, kontemplasi, misteri, dan kesabaran.
Banyak digunakan sebagai warna pada logo
Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan tenang, terpercaya, ilmu
dan wawasan. Warna ini sangat baik untuk menumbuhkan loyalitas konsumen.
Bank-bank banyak menggunakan warna biru sebagai warna dominannya, demikian juga
pendidikan.
v Hijau
Respon Psikologi: Alami, Sehat,
Keberuntungan, Pembaharuan, pertumbuhan, kesuburan, harmoni, optimisme, kebebasan,
dan keseimbangan. Banyak produk yang menekankan kealamian produk menggunakan
warna ini sebagai pilihan. Untuk perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan
eksplorasi alam, warna hijau banyak dipakai untuk menegaskan bahwa perusahannya
berwawasan lingkungan. Warna ini termasuk yang sedang ngetren dan akan banyak
dipakai khususnya dengan kampanye yang berhubungan dengan lingkungan. Kemasan
deterjen juga tidak sedikit yang menggunakan warna hijau.
Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk
ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak
begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai.
v Ungu
Respon Psikologi: Spiritual, Misteri,
Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan, Ramah, Romantis, dan
Mandiri.
Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam.
Ungu adalah capuran warna merah dan biru. Menggambarkan sikap ‘gempuran’ keras
yang dilambangkan dengan warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau
menjurus ke pengertian yang dalam dan peka. Bersifat kurang teliti namun penuh
harapan.
v Coklat
Respon Psikologi: Tanah/Bumi, Reliability,
Comfort, Daya Tahan, Stabilitas, Bobot, Kestabilan dan Keanggunan.
Kemasan makanan di Amerika sering memakai
warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan
kurang begitu membawa hasil.
v Hitam
Respon Psikologi: Ketakutan, Power,
Kecanggihan, Kematian, Misteri, Seksualitas, Kesedihan, Keanggunan, dan
Independen, Berwibawa, Penyendiri, Disiplin, dan Berkemauan keras. Sebagai
warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth)
dan Kecanggihan (Sopiscated). Menunjukkan hal yang tegas, elegan, dan
eksklusif. Juga bisa mengandung makna rahasia. Seperti ketika saya memilih
warna dominan hitam pada Rahasia Blogging warna tersebut sangat mendukung kata
“rahasia” yang ingin saya tekankan. Kalau untuk warna mobil, biasanya mobil
berwarna hitam lebih mahal daripada mobil berwarna lain.
Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya
Barat seperti negara korea, dll.
v Putih
Warna suci dan bersih, natural, kosong, tak
berwarna, netral, awal baru, kemurnian dan kesucian.
Warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun. Warna putih di situs web banyak dipakai sebagai warna background teks hitam. Sebab pengunjung akan lebih mudah untuk membacanya.
Warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun. Warna putih di situs web banyak dipakai sebagai warna background teks hitam. Sebab pengunjung akan lebih mudah untuk membacanya.
v Abu – Abu
Respon Psikologi: Intelek, Masa Depan (kayak
warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.
Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.
Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.
Kesimpulan
Warna sebagai termasuk dalam ranah nirmana. Terkadang pemakaian warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam typografi. Kemampuan penguasaan budaya dan warna sangat berpengaruh dalam menentukan sebuah warna dalam pemakaian ke dalam produk desain, oleh karenanya penguasan warna merupakan syarat penting untuk desainer pemula. Meski demikian, arti warna bisa bergantung juga dengan bidang tertentu, budaya, agama, dan adat setempat.
Warna sebagai termasuk dalam ranah nirmana. Terkadang pemakaian warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam typografi. Kemampuan penguasaan budaya dan warna sangat berpengaruh dalam menentukan sebuah warna dalam pemakaian ke dalam produk desain, oleh karenanya penguasan warna merupakan syarat penting untuk desainer pemula. Meski demikian, arti warna bisa bergantung juga dengan bidang tertentu, budaya, agama, dan adat setempat.
Warna kuning bisa berasosiasi dengan partai
politik tertentu kalau dalam politik; sementara kalau dalam kehidupan
sehari-hari, bendera kuning yang dipasang di rumah seseorang, itu pertanda
tengah terjadi peristiwa berkabung. Sementara bank syariah hampir pasti selalu
dihiasi dengan warna hijau yang berasosiasi dengan agama tertentu.
SUMBER
MAESA MAZIAH
SYA’BANI
54411233
3 IA 13
Tidak ada komentar:
Posting Komentar